Luis Suarez

Suarez

Luis Alberto Suarez adalah pesepak bola asal Uruguay yang lahir di kota Salto, Uruguay 24 Januari 1987. Luis Suarez merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara, ia mengasah kemampuan sepak bolanya di jalanan. Bahkan sempat ia tidak bisa mengikuti suatu training camp sepak bola karena ia tidak memiliki sepatu.

Suarez mengawali karir juniornya dengan mengikuti akademi sepak bola lokal, Nacional tahun 2003. Kemudian ketika usianya memasuki 18 tahun ia dipromosikan ke Nacional senior dan ia memulai karir profesionalnya bersama tim Nacional.

Semusim berikutnya ia diminati klub belanda, Groningen dan Suarez memilih untuk menerima tawaran tersebut. Meskipun hanya semusim bersama Groningen, ternyata klub besar belanda Ajax Amsterdam.  Di Ajax, penampilan Suarez sangat melesat, tampil 110 kali dan berhasil mencetak 81 gol. Bahkan Suarez sempat menjadi kapten tim Ajax  di musim 2009-2010, padahal usia Suarez saat itu masih 22 tahun.

Karena ketajamannya bersama Ajax Amsterdam, Suarez langsung diminati klub-klub kelas elit d Eropa. Bahkan banyak yang menjanjikan gaji tinggi dan diberikan nomor punggung keramat di tim amsing-masing. Apalagi, Suarez adalah pemain yang masih sangat muda.

Kemudian akhirnya tahun 2011 Suarez menerima tawaran dari Liverpool yang menjanjikan biaya transfer sekitar 22,8 juta pounds. Bersama Liverpool, Suarez memilih nomor punggung 7 yang menjadi keramat di kubu Liverpool.

Bersama timnas, Suarez sudah tampil sebanyak 60 kali bersama timnas senior. Kendati belum pernah membawa Juara Piala dunia, Tapi Suarez sudah memberikan kontribusi gol sebanyak 30 gol.

Posted in Uruguay | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *